Pembangunan Kebumen Difokuskan Berwawasan Lingkungan

 (KRjogja.com) - Pembangunan di Kabupaten Kebumen harus dilakukan dengan prinsip berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Hal ini sebagai langkah pencegahan terhadap timbulnya dampak negatif kerusakan sumberdaya alam dan lingkungan hidup.
Penegasan Asisten II Sekda Kebumen H Djatmiko itu disampaikan saat membuka Focus Group Discussion (FGD) untuk penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kabupaten Kebumen Tahun 2010 yang digelar Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Kebumen, Rabu (8/12).

Kepada peserta FGD yakni SKPD terkait, camat, LSM dan organisasi masyarakat, Djatmiko kembali menegaskan, bahwa UU Nomor 32 Tahun 2009 mengamanatkan Pemerintah Daerah wajib membuat KLHS untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana dan/atau program, serta wajib melaksanakan KLHS tersebut ke dalam penyusunan atau evaluasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) nasional, propinsi dan kabupaten/kota.
"Kerusakan sumberdaya alam dan pencemaran lingkungan akan lebih efektif dicegah bila sejak proses formulasi Kebijakan Rencana dan Program (KRP), telah dipertimbangkan masalah lingkungan hidup dan ancaman terhadap keberlanjutannya sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan," tandas Djatmiko.
Sementara Kepala KLH Kabupaten Kebumen, Djoko Sutrisno ST MT, mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam proses perencanaan pembangunan. "Masyarakat pada dasarnya objek dan subjek pembangunan sebagaimana amanat UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup," jelas Djoko. (Suk)
http://www.krjogja.com/news/detail/61597/Pembangunan.Kebumen.Difokuskan.Berwawasan.Lingkungan.html
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Seputar kapung HIjau, lingkungan dan pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger