Tanaman herbal lidah buaya sekaligus manfaatnya.


 Pertanian@kebumen_Lidah buaya adalah jenis tumbuhan liar ditempat yang berhawa panas atau ditanam orang dipot dan pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Namun ada pula yang menanamnya dikebun sebagai lahan bisnis, karena saat ini lidah buaya banyak diminati untuk dijadikan bahan baku sampo.
Jenis tumbuhan ini ternyata bukan hanya terkenal di Indonesia saja. Di Eropa dan Amerika pun lidah buaya sudah cukup populer sejak ratusan tahun yang silam. Sehingga lidah buaya ini pun memiliki beberapa nama lokal, misalnya, “Lidah buaya” (Indonesia), “Crocodiles tongues” (Inggris), “Jadam” (Malaysia), “Salvila” (Spanyol) dan “Lu Hui” (Cina).

Lidah buaya (Aloe Vera) berbatang pendek dan basah. Batangnya tidak kelihatan karena tertutup oleh daun-daun yang rapat dan sebagaian terbenam dalam tanah. Melalui batang ini akan muncul tunas-tunas yang selanjutnya menjadikan anakkan lidah buaya lidah buaya. Lidah buaya daunnya tebal, warnanya hijau muda sampai tua. Bentuk daunnya lonjong dan meruncing pada bagian ujung, tepi bergerigi (berduri kecil). Daunnya mudah dibelah dan mengeluarkan lendir yang berwarna kuning kemerahan (jingga), jika sedang berbunga tampak kelihatan indah, serasi dengan warna daunnya.
Lidah Buaya
Bagai mana cara menanamnya?
Tanaman hias ini mudah ditanam dan tidak membutuhkan banyak pemeliharaan. Bahkan bisa ditanam sebagai tanaman pot.
Untuk menanam lidah dalam pot, caranya sebagai berikut  :
Pot yang paling baik adalah yang terbuat dari tanah. Sebelum ditanami, bagian dasarnya diberi pecahan bata merah atau genting kira-kira 1/5 tingginya. Campuri tanahnya dengan kompos dan pasir, dengan perbandingan yang sama.
Adapun bibitnya adalah potongan akar yang mempunyai bakal tunas, karena dari akar akan tumbuh menjadi tanaman induknya. Selain akar, bibit lidah dan langsung ditanam pada pot.
Bagian yang biasa dimanfaatkan dari lidah buaya adalah daunnya. Karena daun lidah buaya banyak mengandung getah dan lendir yang mengandung persenyawaan kimia aloin dan aloe emodin.
Penyakit yang dapat diobati oleh daun lidah buaya adalah sebagai berikut  :
  • Lendir daun biasa dipakai untuk obat pencuci rambut, sekaligus penyubur rambut.
  • Obat sesak napas. Dengan cara meminum cairan kental yang dipers dari daunnya.
  • Sebagai obat herbal batuk. Perut daun lidah buaya, peras dan saring. Campur dengan madu air perasan tadi, kemudian minum secara teratur.
  • Dapat pula mengobati sakit kepala, pusing, sembelit, kejang pada anak, kurang gizi, kencing manis, wasir, peluruh haid, cacingan pada anak dan muntah darah.
http://baitulherbal.com/tanaman-herbal/tanaman-herbal-lidah-buaya-sekaligus-manfaatnya/
Sumber  :   Buku tanaman obat
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Seputar kapung HIjau, lingkungan dan pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger